November 27, 2009

Ratapan Salesman

Gak heran kalo orang2 jebolan S1 pada anti jadi sales. Emang jadi sales gak gampang. Udah gaji pas2an, ditolak pembeli, dimarahin distributor, belum lagi masuk angin dan keujanannya. Telitinya pun harus tingkat tinggi. Salah kasih diskon, potong gaji.. Toko minta retur, potong gaji.. Tagihan toko belum kebayar, potong gaji.. Pokoknya ada masalah sedikit, potong gaji..
Sudah hampir dua minggu saya ditempatkan di ujung tombaknya perusahaan. Naik turun motor, keluar masuk gudang, keluar masuk toko, dan keluar masuk pasar. Tak jarang pula diperjalanan saya harus mendengarkan keluh kesah mereka, yang pada akhirnya pasti ditambahin "tolong dilaporin ke atas ya mbak". Dan saya pun hanya bisa menjawab "iya.. saya tampung".





kata salesman: udah tiga kali lebaran saya jadi sales
dalam hati saya: kaya Bang Toyib aja. Untung bukan tiga kali lebaran gak pulang..

4 Comments:

qQ Hadikusumo said...

May, stelah hampir 1 tahun ini saya belajar jadi entrepreneur, skill apa yg mnurut saya paling penting?

SELLING! definitely! :D

u're learning the most important thing!CAIYO! ;)

temonsblog said...

selesmen ganjinye dikecilin biar kagak tidur aje kerjanye wakakakak :))

as you know before selling (tactic) there is marketing (strategy)

udah tune-in blom tuh?

raeArani said...

tergantung produk apa dulu yang dijual kayaknya.

hehe

MaYaNG's said...

@temon:selling kan bagian push
marketing bagian pull
masalahnya sekarang kami adalah bagian push *bagian pullnya dipegang org lain*. jadi harus push terussss..hahahaha
@rae:paling gampang emang jualan rokok di warung tradisional.

 

Fioritura Fiori Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template