May 04, 2014

Read A Book a Day Keep the Knowledge to Stay

Siapa yang tahu sih kalau tanggal 23 April yang lalu merupakan Hari Buku Internasional?
Buku memegang peranan penting sehingga keberadaannya pun dirayakan secara worldwide.
Tidak salah rasanya jika ada pepatah yang mengatakan "buku adalah jendela dunia". Sebuah cerita bisa membawa kita ke belahan Eropa, Antartika, bahkan hingga ke luar angkasa dan negeri antah berantah. Begitu powerful nya sebuah buku, kalau kita lihat cerita-cerita jaman kolonial dulu, negara yang menjajah pasti akan melakukan pemusnahan buku di daerah jajahan. Semua ini dilakukan agar terjadi pembodohan massal. No history, no knowledge.
Tapi tahukan kamu, tindakan kriminal apa yang lebih buruk daripada membakar buku? Membakar buku lebih baik daripada tidak membaca buku sama sekali.
Nah,, mumpung belum terlambat, mari kita budayakan gemar membaca buku, dan kita tularkan ke lingkungan sekitar kita. Mulailah membaca dari sedini mungkin. Berikut ini adalah manfaat membaca(kan) buku pada anak yang dikutip dari berbagai sumber. Happy belated international book day!


Dua belas manfaat membacakan buku untuk anak:

1. Menumbuhkan minat baca seumur hidup. "Mengajak anak-anak secara aktif terlibat dalam proses membaca, dan membuat mereka berinteraksi dengan orang dewasa, adalah kunci untuk menumbuhkan minat dalam membaca," ujar BeAnn Younker, Kepala Sekolah di Battle Ground Middle School, Indiana, Amerika Serikat.
2. Berdasarkan data dari National Center for Education Statistics di Amerika Serikat, anak-anak yang orangtuanya rajin membacakan buku kepada mereka cenderung untuk menjadi pembaca yang lebih baik dan pintar di sekolah.
3. Membaca untuk anak-anak membantu mereka dengan mengenal bahasa dan mempercepat perkembangan bicara.
4. Memperluas kosa kata dan mengajarkan anak-anak bagaimana mengucapkan
kata-kata baru.
5. Membaca untuk balita mempersiapkan mereka untuk sekolah, di mana mereka harus mendengarkan apa yang dikatakan kepada mereka (mirip dengan apa yang mereka lakukan ketika sedang membaca).
6. Membaca untuk anak-anak yang lebih tua membantu mereka memahami tata bahasa dan struktur kalimat yang benar.
7. Anak-anak dan orangtua dapat menggunakan waktu membaca sebagai bonding time (memperkuat kedekatan). Ini kesempatan yang sangat baik untuk berkomunikasi langsung dengan mereka. Orangtua juga bisa memberikan perhatian secara maksimal pada anak.
8. Mengasah kemampuan anak untuk mendengarkan.
9. Rasa ingin tahu, kreativitas dan imajinasi semua dikembangkan ketika sedang membaca.
10. Membantu anak belajar bagaimana mengekspresikann diri mereka secara jelas dan penuh percaya diri.
11. Anak-anak bisa belajar bagaimanaa harus bersikap saat menghadapi situasi atau lingkungan baru. Membacakan buku untuk anak juga bisa membuat mereka lebih siap ketika mereka menghadapi kehidupan nyata.
12. Saat membaca, anak-anak dapat mengetahui ritme dan melodi bahasa bahkan sebelum mereka dapat memahami kata yang diucapkan atau ditulis.

Pesan Sponsor.
Ingin mulai membaca dan menularkan gemar membaca pada anak, tetapi bingung bagaimana memulainya? Bisa dimulai dengan koleksi hidangan bergizi dari Pelangi Mizan loh. Untuk katalog bukunya bisa mampir ke sini.
Selama bulan May 2014 promosi besar-besaran untuk buku Nabiku Idolaku, Halo Balita, Ensiklopedi Bocah Muslim, serta Confidence in Science. Bisa langsung menghubungi kami untuk info lebih lanjut.

1 Comments:

rae arani said...

preeeet!!!!

ujung-ujungnya jualan!!!!
hahaha...

 

Fioritura Fiori Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template