October 05, 2014

Watercolor 101 : Basic Watercoloring by Sibebo

Semenjak follow akun instagram WorkshopKittyKitz, saya jadi keranjingan belajar segala macam ilmu kerajinan tangan. Nah kali ini, saya pun coba-coba ikut kelas dasar mewarnai menggunakan cat air. 
price : IDR 250,000 sudah termasuk alat-alat dasar untuk melukis (palet, kuas, beberapa lembar kertas khusus melukis cat air, and a multipurpose canvas bag to wrap it all)
when : workshop ini biasa dilakukan tiap bulan oleh WorkshopKittyKitz, untuk jadwal nya bisa langsung ke link berikut
The teacher : Pengajar nya adalah Nella Mareti (Sibebo). Mbak lulusan ITB mengajarkan basic watercoloring dengan jelas dan sangat asik sekali. Kebetulan kelas yang dibukanya adalah kelas kecil (sekitar 5-6 orang), jadi dalam waktu yang sangat singkat semua murid are well handled.
The modul : ada kelas menggambar bunga, dan ada kelas menggambar buah.

Apa yang dipelajari?
Terus terang niyya,, sejak dari SD dulu, saya bukan ahli gambar, saya pun bukan ahli mewarnai. Setiap disuruh menggambar saya biasanya hanya menggambar dua buah gunung, dengan matahari di tengng : Gambarnya bagus kok, karena setiap orang punya sah dan hamparan sawah. Tok. Til. Pemilihan warna saya pun sama sekali gak bagus. Saya sangat terpaku hanya pada satu warna coklat untuk menggambar batang pohon, dan warna hijau tua untuk menggambar dedaunan, langit haruslah biru muda dan matahari kuning terang. Bayangkan dengan hasil mewarnai teman saya yang langitnya campuran warna biru muda dan tua, matahari yang kuning keemasan dan ke-oranye2an. Serta gambar pohon yang tak lupa dilengkapi dengan bayangan2nya. Nah belajar dengan Mbak Nella ini sebetulnya seperti belajar to free your mind. Beberapa kali dia bilang "gambarnya bagus kok", karena semua ada style nya masing2. Jadi tidak ada ukuran yang eksak untuk mewarnai dan menggambar yang bagus. Sekarang kita masuk ke inti pelajarannya ya:

  • Sebelum belajar mewarnai, pelajaran pertama adalah menyesuaikan diri dengan kuas yang dimiliki. Untuk beginner, kami diberikan kuas round tip ukuran 8. Kenapa round tip? karena round tip ini lebih versatile untuk beginner. Kalau kita mau membuat garis tipis cukup posisikan brush tegak lurus, kemudian jika ingin mewarnai bidang yang lebih luas bisa diposisikan lebih miring. Jadi selayaknya pelajaran menyesuaikan, kita pun diminta mewarnai satu bidang kertas. Kemudian membuat garis-garis dengan berbagai macam posisi kuas.
  • Setelah itu kita pun masuk ke teknik mewarnai. Pertama-tama kami diminta membuat gradasi warna. Jadi setelah membuat goresan dengan cat air, kuasnya dicuci bersih kemudian mewarnai pun dilanjutkan dengan cat air yang tersisa di kertas. Hasilnya pun jadi ombre sekali.
  • Setelah itu kita belajar mewarnai wet on wet. Teknik ini adalah mencampur dua warna sebelum cat air sebelumnya kering. Sehinga hasilnya pun lebih blending. Tidak sengaja kami juga belajar wet on dry. Kalau dengan teknik wet on dry hasil warna yang dihasilkan lebih blocking.

  • Teknik mewarnai berikutnya adalah solid coloring. Kami diminta menggambar lingkaran, segitiga, dan segi empat dengan hasil warna yang merata. 
  • Nah, setelah belajar semua teknik mewarnai. Kami pun mempraktekkannya dengan jelly bean berikut. Tiap teknik menghasilkan efek yang berbeda.

Tips & Trik dari Mbak Nella
  • Sifat dari watercolor itu memang memberikan efek warna yang transparan. Jadi jika ingin mewarnai agak lebih tebal, setelah sapuan layer pertama, tunggu kering, kemudian sapukan lagi layer cat kedua agar warna lebih tebal.
  • Jika memberikan efek warna pastel, jangan campurkan warna putih dengan cat lain yang diinginkan, karena instead of memberikan efek warna lebih muda malah akan menjadi lebih butek. Untuk warna lebih muda, tambahkan air sehingga cat menjadi lebih encer.
  • Jika ingin memberikan efek splatter, cukup celupkan kuas pada cat warna pilihan. Kemudian jentikkan kuas dengan jari.
  • Tidak ada takaran khusus untuk mengencerkan cat air. Akan tetapi setidaknya encerkan cat sehingga tidak terasa kesat lagi. 
  • Sifat cat air akan mengalir dan meresap dimana ada air. Salah satu teknik lagi yang kita pelajari adalah, menggambar dengan kuas yang dibasahi oleh air bersih. Kemudian untuk mewarnainya kita cukup memberikan tetesan-tetesan cat air, dan me-miring2-kan kertas sehingga seluruh area tertutupi. Anehnya ya, si cat air ini tidak keluar dari area kertas yang sudah kita basahi, dan hasilnya pun memberikan efek gradasi yang unik.

Since it's practice makes perfect, saya pun meluangkan sedikit waktu setiap minggu untuk menguasai watercolor.
Jadi,, jreng,,jreng,, inilah hasilnya, kombinasi antara watercolor dan calligraphy (nanti kapan2 saya share juga Calligraphy 101 nya)

0 Comments:

 

Fioritura Fiori Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template