October 05, 2014

Decoupage 101 : DIY Celengan

Ceritanya saya mau ngajarin my baby menabung (aduh,, ambisius banget ya, bayi umur 1 tahun sudah diajari menabung). Well,, sebetulnya asal muasalnya lagi adalah, waktu saya dan keluarga sedang jalan-jalan naik mobil, my baby ini sangat tertarik dengan recehan yang tentu saja berserakkan di mobil. Kemudian, tak sengaja dia menemukan celah sempit somewhere in the car, dia pun asyik memasukkan recehan-recehan nya ke celah tersebut. (alhasil saya dan hubby yang puyeng gimana cara mancing itu seribu-an keluar dari celah tersebut). Pikir-pikir, kayanya dia lagi seneng masukkin benda ke wadah, alias recehan ke celah sempit. Kebetulan pula, nemu kaleng bekas di rumah, akhirnya saya pun punya ide untuk bikin piggy bank (atau lebih tepatnya celengan tapi tidak berbentuk babi).

Bahan yang dibutuhkan:
- Kaleng bekas
- Cat akrilik
- Lem decoupage
- Kuas
- Sikat Gigi
- Palu
- Paku
- Paper napkin (untuk doimisili Jakarta, saya baru saja menemukan penjual decoupage napkin, paper dan alat2 decoupage lainnya yang based di Jakarta, harga bersaing dannn pengiriman gak pake lama. Silahkan langsung cek ke sini ya)
- Perfect Pens - Ranger (optional)
- Embossing dust (optional)



Caranya:
1. Pertama-tama karena namanya kita akan buat celengan, tentukanlah dimana bukaan celengan berada. Tandai, kemudian gunakan paku dan palu untuk membuat lubang.
2. Setelah beberapa kali mencoba buat decoupage, saya pun menyadari bahwa bahan-bahan seperti kaleng, gelas atau wadah2 dengan permukaan halus ini jika di cat menggunakan cat akrilik akan cenderung ngletek, alias cat nya gak mau nempel. Jadi sebaiknya permukaan dilapisi dulu dengan base coat atau cat primer (biasanya berupa spray). Tetapi berhubung saya ini orang yang seadanya, maka saya pun menggunakan lem decoupage sebagai gantinya. Karena menggunakan lem decoupage, hasilnya jadi sedikit agak bertekstur.
Kaleng dilapisi Decoupage Glue
2. Setelah lem kering, kaleng pun siap dicat menggunakan warna favorit.
3. Tahap berikutnya adalah menempelkan decoupage napkin ke kaleng. Decoupage napkin memiliki bahan yang lebih tipis daripada decoupage paper, selain itu terdiri dari 3 layer (3 ply napkin). Setelah pola yang diinginkan digunting, pastikan 2 lapisan napkin di bawah dilepaskan, karena kita hanya akan menempel 1 layer saja, yaitu bagian napkin yang bercetak motif.
4. Hati-hati ketika menggunakan napkin, karena lebih tipis maka lebih mudah robek. Aplikasikan lem pada bagian kaleng yang ingin ditutupi decoupage, kemudian tempel kertas napkin sedikit demi sedikit untuk memastikan tidak ada kerut dan gelembung udara yang terperangkap.
5. Apabila ada bagian yang belum ter-tempel, tunggu lem kering sebelum menambahkan lapisan lem lagi.
6. Untuk menambah sedikit aksen, saya pun menempelkan tulisan "-My Baby's Name- Bank". Pilih kertas printer tipis, tambahkan tulisan/gambar yang Anda inginkan menggunakan Perfect Medium Pen dari Ranger. Taburkan embossing powder diatasnya, rapihkan dan panaskan dengan emboss gun. Voila! you got a cool text to add . Gunting dan tempelkan pada kaleng.
7. Untuk menambah tekstur, Anda pun dapat menggunakan sikat gigi untuk memercikkan cat pada permukaan kaleng
8. Setelah semua tertempel dengan baik dan benar, berikan lapisan Varnish ke seluruh permukaan kaleng.
9. There you go!

Selamat mencoba!





powered by GiftBox4U by Mayang

3 Comments:

Anonymous said...

Hai mba salam kenal, aku lg mau coba belajar decoupage niih, itu link penjual nya di mana yaa? Ko ga bisa di klik, jadi ke home fb saya... makasih mba :)

MaYaNG's said...

Halo,, salam kenal juga.
maaf, link nya gak update.
ternyata ol shop nya sudah ganti nama jadi thetinkersshoppe, bisa di search di facebook / instagram. Selamat mencoba ya! :)

Gina Nurfitriani said...

Mba sy mau belajar decoupage. Dmn ya mbatempat yg direkomendasikan?

 

Fioritura Fiori Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template