February 13, 2010

Finding Facts

The universe holds the answer
Sering saya mendengar pernyataan tersebut. Dan sekarang saya baru sadar bahwa memang semua jawaban ada di depan mata kita.
Saya jadi ingat salah satu assessment yang harus saya lewati untuk mendapatkan pekerjaan yang kata orang prestisius. Waktu itu saya diharuskan untuk menggali fakta dari si interviewer. Mirip seperti main detektif2an. Saya memang merasa seperti Grissom di CSI yang mencari clue2 dari TKP. Bedanya saya tidak bawa2 tool kit seperti mereka, cukup dengan sebuah buku, sebuah pulpen, sepasang telinga yang aktif mendengar, dan segudang pertanyaan yang terarah.
Ternyata assessment yang dilakukan waktu itu, sangat membantu saya dalam menjalankan pekerjaan saya. Waktu itu sumber informasi memang sudah jelas, karena interviewer bertindak sebagai "data bank". Tapi dalam pekerjaan sehari-hari, informasi itu tersebar di mana2. Ada di atasan, ada di bawahan, ada yang tersimpan rapi dan terdokumentasikan dengan baik, ada juga yang tidak jelas dimana. Satu yang pasti, informasi itu ada, tinggal bagaimana cara kita mendapatkannya.
Satu lagi niy yang saya ingat. Pas assessment itu, ada beberapa pertanyaan yang dijawab oleh interviewernya "sorry there's no information to that". Nah, kalo sekarang, apapun pertanyaannya pasti ada jawabannya. Bedanya, ada jawaban yang memang menjawab, tapi ada juga jawaban yang malah membuat kita bias. Kesimpulannya adalah:

If you're asking the right person the right question, then you'll get the right answer
Selamat menggali fakta di dunia nyata yang begitu luas ini. Ask why, to achieve continuous improvement.

1 Comments:

raeArani said...

jadi inget komik rocketman*. kkurang lebih gitu juga ngomongnya. di dunia ini informasi ada banyak banget. dari informasi yang bener itulah, kita bisa dapet bayaran yang mahal.


(cerita tentang mata-mata, yang ngarang sama kayak yang ngarang QED dan CMB, enak lho.. cuma 10 jilid langsung tamat).

 

Fioritura Fiori Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template