March 02, 2014

Sudahkah Kita Memberikan yang Terbaik?

Dear Mommy Cantik, Bunda Sayang, dan Ayah Pandai,
Ceritanya hari ini saya mau sedikit sharing dan sedikit promosi.
Lanjut ke artikel di bawah ya, artikel ini saya dapatkan dari "Ayah Eddy Parenting".

 Seringkali orang tua hanya berfokus untuk memilihkan makanan-makanan yang sehat untuk tumbuh kembang putra putrinya. Sayangnya banyak orang tua yang tidak tahu bahwa pikiran anak juga membutuhkan makanan yang sehat untuk tumbuh kembang moral dan akhlaknya. 
Tahukah Anda, apa saja makanan sehat untuk tumbuh kembang pikiran, etika, moral dan akhlak seorang anak?
1. Pemilihan ucapan dan kata-kata yang positif, terutama saat anak gagal
2. Pujian yang tulus pada setiap usaha yang kecil 
3. Tontonan TV yang mendidik. Tanpa kekerasan, Tanpa pornografi
4. Contoh perilaku positif dan teladan dari orang tuanya
5. Senyuman tulus setiap hari dari orang tuanya
6. Nada yang lembut dalam berbicara pada anak
7. Bermain bersama
8. Mendongengkan anak menjelang tidur
9. Memilihkan sekolah yang peduil pada PERILAKU MORAL muridnya
10. Memilihkan sekolah yang sistem dan guru-gurunya ramah anak
11. Memilihkan mainan yang mengedukasi, tidak mengandung unsur kekerasan.
Jika hari ini kita semua mau mulai melakukannya maka anak kelak tidak hanya memiliki tubuh yang sehat, melainkan juga perilaku moral dan akhlak yang sehat

Memang sebagai orang tua, kadang kita terlalu fokus pada perkembangan fisik anak, akhirnya kita pun terjebak pada hal-hal yang "bisa dilihat". Contohnya saja untuk bunsay2 yang wanita bekerja, ketia pulang ke rumah apa yang sering Anda tanyakan dengan orang rumah? Pasti pertama-tama adalah "hari ini minum susu nya banyak tidak?" atau "hari ini rewel tidak?". Atau ketika anak sedang belajar berjalan kemudian terjatuh, tanpa disadari beberapa dari kita akan reflek memukul lantai kemudian berkata "nakal lantainya! pukul saja!". Oops!
Fokus terhadap perkembangan fisik membuat kita sedikit "melupakan" pembentukkan karakter si anak. Waktu membaca artikel di atas saya pun otomatis membuat check list dalam kepala saya what to do dan what not to do.

Salah satu hal yang ayah eddy sebutkan di atas untuk membentuk karakter anak adalah berdongeng menjelang tidur. Terus terang ini adalah satu kebiasan yang sedang saya terapkan pada my baby. Maklum di usianya sekarang yang menjelang ulang tahun, dia semakin senang bermain dan semakin susah beristirahat. Membaca buku menjadi salah satu cara saya untuk menenangkan agar siap bermain di dunia mimpi.

Nah! Buku-buku terbitan Mizan Dian Semesta, bisa menjadi pilihan mommies untuk dongeng pengantar tidur. Kebetulan, bulan Maret ini ada promo yang menggiurkan, diskon 25 - 30%, untuk beberapa paket buku laris. Mau tau buku MDS / Pelangi Mizan ada apa saja? Bisa buka link berikut untuk daftar lengkapnya : Buku Pelangi Mizan.  

0 Comments:

 

Fioritura Fiori Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template