September 22, 2013

Instax - Add On Lens

Saya baru saja meng-upgrade kegiatan foto-foto pakai instax menjadi lebih fun.
Seperti yang sudah saya ceritakan sebelumnya, kamera Fujifilm Mini Instax 25S ini dilengkapi dengan close-up lens. Jadi jika ingin mengambil gambar dalam jarak 35-50 cm bisa pakai lensa ini agar gambar yang dihasilkan tidak blur. Tetapi lensa tambahan ini tanpa filter, jadi hanya berwarna bening.
Namun setelah kembali browsing2 di toko kamerapolaroid.com, saya menemukan add on close up lens dengan warna. Nah,, disinilah kegiatan foto-memoto menjadi lebih fun.
Pertama-tama saya harus mengingatkan bahwa Fujifilm tidak menyediakan film khusus untuk efek B&W ataupun Sephia, sehingga semua foto yang dihasilkan oleh instax selalu berwarna. Pengaturan apperture dan shutter speed pun bisa dibilang otomatis, there's nothing or very limited thing you can do about it. Mau diedit di photoshop pun,, hadeuh ribet banget gitu ya,, so this colored lens are a very recommended add on to make it more fun.
Paketnya datang dalam 4 warna pilihan: hijau, merah, oranye, biru. Perlu diingat lensa berwarna ini bukan produk resmi dari Fujifilm ya,,
Instax + Colorful close up lens


Berikut ini adalah hasil jepretan saya menggunakan berbagai macam lensa tersebut.
Red Lens - burning effect

Orange Lens - Vintage sephia effect

Green Lens
Blue lens - Cooling effect

Jika menggunakan lensa2 berwarna ini, perlu diperhatikan pula banyaknya cahaya yang ada disekitar objek foto. Contohnya jika menggunakan lensa biru yang berwarna gelap, jika dilakukan di tempat gelap, maka foto yang dihasilkan pun akan lebih gelap. Saat ini favorit saya adalah lensa oranye, karena menghasilkan kesan vintage which I like very much.
Jika kamu memiliki Instax Mini 7S, lensa add on yang dijual secara bebas lebih beragam. Selain colored lens seperti yang saya punya ini, juga ada Holga lens yang memberikan efek2 mirip Lomo Holga, ada juga fish eye lens,, ahhhh pokoknya macam2 lah,, (hehe,, sempet nyesel sedikit kenapa kemaren beli yang Mini 25S).
Anyway,, silahkan mencoba dan bereksplorasi dengan colored lens. Recommended menurut saya,,

0 Comments:

 

Fioritura Fiori Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template