September 25, 2013

Review : Widya Wiyata Pertama

0 Comments
Waktu jaman baca Bobo dulu, selalu ada satu halaman yang berisi tentang pengetahuan alam & kehidupan. Dikemas dalam satu rubrik "Mengapa Begini? Mengapa Begitu?". Kemudian seinget saya, di TV pun sering muncul tayangan selama 5 menit dengan kartun anak laki-laki yang bertanya "Mengapa Begini? Mengapa Begitu?". Dan ternyata ini adalah salah satu bentuk pemasaran terselubung seri ensiklopedia untuk anak-anak.
Kalau hanya sekedar ensiklopedi, rasanya rumah saya memiliki seri ensiklopedi yang cukup komplit. Mulai dari sejarah, seni, pengetahuan alam, hingga perilaku manusia. Saya ingat, betapa antusiasnya dulu ketika saya masih SD melahap buku-buku yang sudah disediakan dengan susah payah oleh orang tua saya. Dan saya pun ingin sekali menularkan gemar membaca ke my baby.

Ketika ada salah seorang teman di BB grup membicarakan tentang ensiklopedi WWP, saya pun langsung pasang mata. Apalagi setelah tahu bahwa buku Widya Wiyata Pertama ini adalah tidak lain buku ensiklopedi yang dulu sangat ingin saya miliki (tapi belum kesampaian). Seiring dengan berkembangnya jaman, tidak lengkap rasanya kalau membeli ensiklopedi hanya mendapatkan buku tidak dilengkapi dengan fitur-fitur lain. Oleh karena itu, buku WWP terbitan terbaru pun sekarang dilengkapi dengan Walter. Apa itu walter? Jadi walter adalah suatu alat yang terdiri dari pena pemindai serta pengeras suara. Walter ini akan memindai bagian-bagian tertentu (ditandai dengan lingkaran berbentuk seperti matahari) dari buku dan kemudian akan memberikan informasi mengenai topik yang kita baca melalui suara. Sepintas mirip talking pen, bedanya adalah talking pen hanya bisa membaca apa yang tertulis di dalam buku. Jadi misalkan di buku tertulis "Ini Ibu Budi" dia akan membaca "Ini Ibu Budi" dengan nada yang sedikit kaku. Sedangkan Walter akan memberikan informasi dengan cara yang berbeda. Misalkan di buku tertulis "Ini Ibu Budi", bisa jadi nanti narasi yang keluar dari Walter adalah suara wanita yang berkata "Halo! Aku Ibu Budi!".
Some of the book with Walter

Pemindaian menggunakan Walter
Seri Ensiklopedia WWP terdiri dari 24 buku yang terbagi menjadi 4 kategori Kehidupan, Alam, Sains, dan Dunia. Beragam banget kan topiknya ditambah lagi cara pembahasannya pun begitu ringan dan dibumbui halaman berwarna warni dan gambar menarik. Dilengkapi dengan Walter semakin interaktif lah kegiatan baca membaca ini. Yang paling penting, setiap pertanyaan biasanya disertai dengan kolom "Bagi Orangtua", ini adalah informasi tambahan bagi orangtua agar bisa menjelaskan lebih elaborate. Kemudian beberapa pertanyaan juga disertai kegiatan "Cobalah ini", nah ini bisa jadi eksperimen kecil-kecilan bagi anak dan orangtua agar bisa lebih memahami penjelasan yang diberikan. Jangan salah loh! Bahkan di seri buku ini, ada satu buku khusus yang isinya adalah percobaan-percobaan sains yang bisa dilakukan anak dan orangtua.
Bagaimana reaksi my baby??
PRECIOUS!!! Mengingat usianya yang baru 5.5bulan, memang mungkin belum terlalu paham dengan isi bukunya. Tetapi dia sangat suka melihat gambar-gambar yang ada di dalam buku. Favoritnya adalah mendengarkan serta mencari sumber suara Walter. Keponakan saya yang sudah berumur satu tahun pun tidak kalah interestnya mendengarkan ocehan si Walter, bahkan dia bisa menari-nari jika kebetulan yang keluar adalah lagu.
Satu set ensiklopedia tidak pernah terasa murah. Tetapi rasa mahalnya harga buku tersebut akan terbayar jika my baby nanti memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Mami-mami yang sangat tertarik untuk menjajal buku ini bisa loh mampir ke boothnya PT Tiga Raksa di Mom n Baby Fair tanggal 26 - 29 September 2013.  Terus terang saya sendiri butuh waktu lama sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli. Setelah mendengar presentasi teman (yang kebetulan sales Tiga Raksa) saya malah jadi tergiur untuk beli seri buku lainnya. Ahh,, mami yang satu ini memang mudah di persuasi ya,, :P

September 22, 2013

Instax - Add On Lens

0 Comments
Saya baru saja meng-upgrade kegiatan foto-foto pakai instax menjadi lebih fun.
Seperti yang sudah saya ceritakan sebelumnya, kamera Fujifilm Mini Instax 25S ini dilengkapi dengan close-up lens. Jadi jika ingin mengambil gambar dalam jarak 35-50 cm bisa pakai lensa ini agar gambar yang dihasilkan tidak blur. Tetapi lensa tambahan ini tanpa filter, jadi hanya berwarna bening.
Namun setelah kembali browsing2 di toko kamerapolaroid.com, saya menemukan add on close up lens dengan warna. Nah,, disinilah kegiatan foto-memoto menjadi lebih fun.
Pertama-tama saya harus mengingatkan bahwa Fujifilm tidak menyediakan film khusus untuk efek B&W ataupun Sephia, sehingga semua foto yang dihasilkan oleh instax selalu berwarna. Pengaturan apperture dan shutter speed pun bisa dibilang otomatis, there's nothing or very limited thing you can do about it. Mau diedit di photoshop pun,, hadeuh ribet banget gitu ya,, so this colored lens are a very recommended add on to make it more fun.
Paketnya datang dalam 4 warna pilihan: hijau, merah, oranye, biru. Perlu diingat lensa berwarna ini bukan produk resmi dari Fujifilm ya,,
Instax + Colorful close up lens


Berikut ini adalah hasil jepretan saya menggunakan berbagai macam lensa tersebut.
Red Lens - burning effect

Orange Lens - Vintage sephia effect

Green Lens
Blue lens - Cooling effect

Jika menggunakan lensa2 berwarna ini, perlu diperhatikan pula banyaknya cahaya yang ada disekitar objek foto. Contohnya jika menggunakan lensa biru yang berwarna gelap, jika dilakukan di tempat gelap, maka foto yang dihasilkan pun akan lebih gelap. Saat ini favorit saya adalah lensa oranye, karena menghasilkan kesan vintage which I like very much.
Jika kamu memiliki Instax Mini 7S, lensa add on yang dijual secara bebas lebih beragam. Selain colored lens seperti yang saya punya ini, juga ada Holga lens yang memberikan efek2 mirip Lomo Holga, ada juga fish eye lens,, ahhhh pokoknya macam2 lah,, (hehe,, sempet nyesel sedikit kenapa kemaren beli yang Mini 25S).
Anyway,, silahkan mencoba dan bereksplorasi dengan colored lens. Recommended menurut saya,,
 

Fioritura Fiori Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template