August 07, 2013

Balada Bernama Fitri

Selama bulan puasa ini setiap sahur saya dan keluarga selalu mantengin Metro TV. Berhubung besok sudah lebaran, pagi ini ada satu pembahasan menarik mengenai asal muasal kata Eid Al Fitr.
Kata Fitr pada Eid al Fitr berarti sama dengan Iftar (memecah puasa atau breaking the fast) dan sama-sama berasal dari kata Futoor yang artinya adalah breakfast (kalau di Indonesia diterjemahkan jadi sarapan). Tetapi kalau ditilik lebih jauh kenapa sarapan jika di bahasa inggriskan menjadi breakfast. Break sendiri artinya memecahkan/memutuskan sedangkan Fast berarti puasa. Memang setiap malam kita selalu berpuasa bukan, setelah makan malam ada jeda sekitar 12 jam sebelum kita sarapan di keesokkan harinya. Oleh karena itu saat sarapan pun disebut memecah puasa. Oleh karena itu Eid Al Fitr berarti Hari raya memecah/menyelesaikan puasa (Festive of breaking the fast).

Saya dan sekeluarga pun mulai panik. Loh, jadi idul fitri itu tidak berarti hari raya yang suci? Berarti selama puluhan tahun hidup kita telah salah kaprah dengan arti idul fitri? nah lho,, nah lho,, Terus bagaimana nasib anak-anak yang sudah diberikan nama Fitri? Dikira suci tapi ternyata arti katanya buka puasa.

Eniwei,, hari ini tetaplah hari terakhir puasa (insya Allah penganut pemerintah maupun muhammadiyah, ngopor ayamnya bareng). Saya pun mengucapkan selamat hari raya idul fitri, mohon maap lahir batin yaaaa,,

0 Comments:

 

Fioritura Fiori Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template