June 17, 2013

MP-ASU - Never Too Early,,,

Menjadi emak2 baru tidaklah mudah pasti banyak panik dan khawatirnya. Anak ngangkat kepala takut lehernya kecetit *padahal emang udah waktunya ngangkat kepala*, anak bersin2 langsung khawatir flu *padahal reflek karena banyak orang belum mandi disekitarnya*.
Beruntunglah saya yang punya banyak sahabat yang sudah punya banyak anak duluan *see,, menikah/punya anak belakangan ternyata ada untungnya juga kan,, hehehe,,*, jadi saya pun punya banyak tempat untuk sharing ilmu serta konsultasi di saat darurat sebelum beneran konsultasi ke ahlinya.
Salah satu topik yang paling hot dibahas adalah MPASI (Makanan Pendamping ASI),,
Loh,, loh,, kok udah mikirin makan aja? my baby kan baru 2 bulan. Well, for me it is NEVER TOO EARLY,, to learn! Beruntungnya saya punya sahabat emak2 yang juga rajin sharing dan diskusi di forum publik, akhirnya saya pun diperkenalkan dengan HHBF dan BLW buat nambah ilmu ber MPASI *atau ber MPASU (makanan pendamping air susu) kalo di kasus saya mah*. Grup ini bukan hanya sekedar grup sharing resep, tapi juga memotivasi untuk selalu memberikan yang terbaik buat si kecil. Sampai akhirnya,, *jreng,,jreng,,* saya pun membeli banyak buku kitab untuk semakin mantap persiapan MPASU nya. (yup,, ini salah satu bahaya laten OL shopping saya selama cuti)

1. Homemade Healthy Baby Food

Finally setelah berdiri selama beberapa tahun penggagas2 HHBF meluncurkan satu buku. Buku yang baru terbit akhir bulan Mei ini langsung diserbu oleh member2 groupnya. Saya juga ikut2an beli, lebih karena penasaran apa itu HHBF.
Di buku perdana ini HHBF menjelaskan secara singkat bagaimana memulai MPASI, makanan apa? kapan mulai? bagaimana memulai? seberapa sering makan? dan kegalauan-kegalauan lainnya saat bayi harus mulai diberikan makanan pendamping. Kemudian ditambah pula dengan tulisan2 inspiratif ibu2 yang ber-HHBF baik working mom ataupun bukan, suka memasak ataupun tidak, full ASIX atau menyerah dengan sufor. Dibumbui pula dengan sedikit resep yang aman untuk baby 6m - 12m yang sudah diuji coba oleh dapur ibu2 HHBF.
Kumpulan resepnya dikemas dengan sangat menarik
Setelah membaca buku ini, kesannya,, saya makin semangat untuk memberikan homemade healthy baby food ke anak saya nanti. Saya menyerah dengan sufor di minggu ke-3 dan tidak *terlalu* suka memasak! Tapi saya percaya pada waktunya nanti saya harus memberikan makanan terbaik buat anak saya. No instant food, karena anak saya bukan generasi instan!

2. Makanan Bayi Sehat Alami - Wied Harry Apriadji
Setelah ngubek2 grup HHBF, ternyata ada satu suhu dunia persilatan makanan sehat yang sering dijadikan acuan ibu2 di group tersebut, yaitu Pak Wied. Penasaran, saya pun mampir ke toko buku terdekat untuk mencari bukunya Pak Wied ini. Ternyata eh ternyata begitu sampe di bagian "parenting/bayi" bukunya Pak Wied ini buanyak buanget, mulai dari makanan bayi, makanan balita, makanan bekal pre-school, DIY bento, DIY cake, makanan sehat nusantara (saya jadi lieur dan ngileur). Setelah liat2 saya pilih dulu satu buku yang paling saya butuhkan saat ini.
Sampe rumah langsung saya buka, penjelasannya pun sangat detil. Do's and Dont's dalam memberi makan bayi usia 0 - 12 bulan. Di buku yang saya beli ini juga tersedia berbagai macam resep serta sampel jadwal menu. Enlightening buat ibu2 yang gak kreatif dan jarang masuk dapur macem saya ini, hohoho,,

3. Seri AyahBunda : Puree
Buku ini saya beli jauuuuuhhhh hari sebelum my baby lahir. Jadi ceritanya waktu saya lagi asik2nya mengandung my baby, saya suka banget melahap buku seri AyahBunda (karena menurut saya isinya komplit dan informatif sekali). Hehe,, saya sampe inget temen saya yang ngomong,, "mayanghwa,, udah lu mikirin ngeluarin tu baby aja dulu, kalo mikirin dia mau dikasih makan apa mah masih lama". Habis gimana dong,, saya gak sabar banget pengen ngajarin my baby pegang sendok, hohoho,,
Oke, sesuai dengan judulnya buku ini berisikan variasi makanan bayi dalam bentuk pure, bubur lembut, ataupun nasi tim (jadi agak gak cocok untuk penganut BLW ya, karena gak ada resep finger food). Buku ini juga menjelaskan dengan detil bagaimana menyimpan bahan2 makanan tersebut. Mana yang boleh dibekukan mana yang tidak boleh. Tidak boleh di sini bukan berarti makanan basi, tetapi lebih karena merubah tekstur atau penampakan makanan, jadi memang sebaiknya disajikan fresh.
Buku ini cocok banget buat working mom (yang harus nyetok makanan di freezer) dan ibu2 yang *sekali lagi* gak kreatif dan jarang masuk dapur, karena juga tersedia sampel jadwal menu untuk si dede bayi. Buku ini combine dengan bukunya Pak Wied, saya jamin langsung bisa memberikan makanan yang variatif buat si dede nanti.

4. 500 Baby & Toddler Foods
Buku ini juga saya beli jauuuuhhh hari sebelum my baby lahir. Pertama kali liat buku ini di Gunung Agung, udah mau beli, tapi akhirnya di taruh lagi mengingat kayanya masih lama buat masak2 bikin makanan bayi. Tapi apa daya, bukunya terbayang-bayang sampai rumah, akhirnya begitu mampir lagi ke mall disempetin lah ke Kinokuniya.
Isinya? Jangan tanya, variatif sekali banyak resep untuk finger food jadi sangat cocok untuk emak2 yang penganut Baby Led Weaning. Selain itu juga banyak resep kebule-bulean macemnya goulash, pie, baked fruits, omelette, pasta, risotto dan lain lain. Pokoknya kalau bosan dengan cita rasa nusantara bisa beralih ke buku ini untuk cari inspirasi. Oiya resep yang disediakan di sini sangat family friendly, jadi gak khusus untuk anak, hanya memodifikasi sedikit bisa langsung disantap oleh orang dewasa.

nih,, menunya internasional banget kannn,
Masih 4 bulan lagi menuju hari H. Sudah siap tempur? Saya rasa belum, masih separuh jalan. But I'm learning more and more each day. Kalau begitu untuk menyemangati diri sendiri, saya ucapkan Selamat Persiapan MP-ASU! Hosh!

0 Comments:

 

Fioritura Fiori Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template