September 03, 2011

Kenangan Dalam Semangkuk Soto Kudus

Soto Kudus adalah salah satu alternatif hidangan kalau "mama lagi males masak" keluarga saya. Tepat setelah mie instan, ayam goreng tepung kolonel, dan roti2an baik yang berbicara maupun tidak. Bagaimana tidak, dekat dengan rumah saya ada satu cabang restoran soto kudus paling populer di Jakarta. Konon kabarnya cabang pertamanya berdiri di Blok-M. Nah sekarang cabangnya sudah tersebar di mana-mana, bak Alfamart dan Indomart yang di tiap pengkolan ada. Saking melekatnya Soto Kudus di hati saya, setiap menyantap Soto Kudus baik itu di Kudus, di Blok M, di Sana, dan di Sini,, saya tiba2 ingat kenangan2 jaman dulu.
Restoran soto kudus dekat rumah saya ini sudah jadi langganan sejak mungkin 20 tahun lalu. Saya ingat waktu jaman2nya saya masih piyik, restoran ini yang buka paling pagi, dan tutup paling malam. Maka tak heran kalau keluarga saya suka cari sarapan di sini. Bahkan jaman2nya kami masih suka mudik pakai mobil, berangkat subuh2 dari rumah. Sebelum perjalanan panjang, kami pasti mampir dulu ke soto kudus dekat rumah, untuk mengganjal perut.
Saya ingat pernah membawa teman2 kuliah saya untuk makan di restoran soto kudus deket rumah. Untuk saya ukuran satu porsi soto kudus campur itu pas di perut, tidak terlalu banyak tidak terlalu sedikit. Tapi mungkin buat teman2 saya yang lagi tumbuh2nya itu, satu porsi ini ternyata kurang, walhasil harga satu porsi soto kudus ini pun menjadi agak berat di kantong. Di tambah lagi, ada teman yang berniat menggoyang lidah dengan satu plastik kecil berisi lima keping emping. Tak disangka2 bertambah kaget dia ketika harus merogoh duit 10ribu rupiah untuk satu plastik kecil emping.
Paling pas memang tiap makan soto kudus ditemani dengan sate kerang, sate telur puyuh, tempe/tahu goreng/bacem, kalau mau lebih gurih lagi silahkan pakai paru, otak goreng, dan jerohan2 lainnya. Kalau mau kriuk2, bisa juga ditemani dengan kerupuk rambak atau mungkin kerupuk bawang. Semua tergantung selera,, :)

Soto Kudus Blok M - pict courtesy of kuraninja

0 Comments:

 

Fioritura Fiori Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template