March 08, 2010

Resep Untuk Sukses

Disclaimer: Resep berikut di ambil dari resensi blogger tentang buku Man Jadda Wa Jadda

Resep untuk sukses:

  1. Man Shabara Zhafira

  2. Siapa yang bersabar akan beruntung. Jangan risaukan penderitaan hari ini, jalani saja dan lihatlah apa yang akan terjadi di depan. Karena yang kita tuju bukan sekarang, tapi ada yang lebih besar dan prinsipiil, yaitu menjadi manusia yang telah menemukan misinya dalam hidup.

  3. Going the extra miles

  4. Tidak menyerah dengan rata-2. Kalau orang lain belajar 1 jam, dia akan belajar 5 jam.

  5. Jangan pernah mengizinkan unsure luar mempengaruhi diri kita

  6. Siapa pun, apa pun, dan suasana bagaimana pun. Artinya jangan mau sedih, marah, kecewa dan takut karena ada faktor luar. Kalian lah yang berkuasa atas diri sendiri, jangan serahkan kekuasaan pada orang lain. Orang boleh menodongs enapan, tapi kita punya pilihan, untuk takut atau tetap tegar (berpikir). Kita punya pilihan di lapisan diri paling dalam dan itu (hati) tidak ada hubungannya dengan pengaruh luar.

  7. Berikanlah yang terbaik yang kita bisa untuk lingkungan di sekitar

  8. Seperti kata hadist terkenal, “Bila kamu melihat kemungkaran, ubahlah dengan tanganmu, kalau tidak mampu, ubahlah dengan kata-2, kalau tidak mampu juga, ubahlah dengan hatimu.”
    Jangan berharap akan ada perubahan, kalau diri kita sendiri belum berubah (menjadi yang lebih baik).

  9. Selalu berbakti kepada orangtuamu, terutama kepada ibumu yang melahirkan, menyusuimu dan membesarkan dengan penuh hati. Seperti hadist lainnya, ridha ibu adalah surga untuk kita semua


  10. Jangan putus asa dengan segala ujian yang datang

  11. Ingatlah bahwa dengan prinsip ‘imtihan nihai’ ujian di atas ujian. Ujian ini bukan hanya membuktikan seberapa banyak ilmu yang telah diserap otak, tapi juga membuktikan seberapa kuat kita melawan tekanan waktu, kebosanan, psikologis dan fisik. Niscaya, siapa yang bisa mengatasi semua faktor ‘sakti’ itu maka dia akan menjadi pemenang dalam hidup yang sesungguhnya.


Membaca resep di atas saya jadi ingat apa yang dikatakan seseorang dengan niat untuk light up the spark. Satu pesan yang singkat namun sarat makna "Don't take things for granted". Kadang kita berhenti bertanya ketika seseorang berkata "memang begitu adanya". Kadang kita juga berhenti mencoba ketika seseorang berkata "we've tried that idea five years ago". Tapi kata2 tersebut memang bukan alasan untuk berhenti. Kesempatan tidak datang dua kali. Never quit on the first hurdle. Even if you stumble, there's still a chance for you to win the race.

0 Comments:

 

Fioritura Fiori Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template