December 02, 2009

Mereka Pikir Jalanan Ini Punya Siapa??

Saya memang tidak suka bola. Tapi saya gak masalah dengan orang-orang yang suka bola. Saya gak masalah kalau mereka ingin berbondong-bondong datang ke stadion untuk menonton tim kesayangan mereka. Saya juga gak masalah kalau mereka ingin bersorak-sorai ketika tim yang mereka dukung menang. Tidak masalah, karena itu bagian dari kebebasan mengekspresikan diri. Saya juga suka kok teriak-teriak untuk dukung tim kesayangan saya. Tapi buat saya, semua itu ada tempatnya. Ketika kebebasan mengekspresikan diri mulai mengganggu serta meresahkan masyarakat lainnya, itu sudah menjadi pelanggaran aturan hukum. *maaf ya..saya kurang paham dengan Perda Jakarta, tapi harusnya pasti ada Perda yang mengatur masalah "mengganggu ketentraman orang lain"*.
Terus terang aja niy ya, tiap kali saya lewat Lebak Bulus yang tiba2 dipenuhi lautan manusia beratribut oranye, saya langsung was-was. Apalagi kalau mereka sudah menggerung2kan motor, memenuhi angkot/metromini/kopaja sampe ke atep2nya sambil bawa gedebukan dan teriak2. Bawaannya pengen nyebuuuttt.. melulu. Dan gak salah kalo saya sibuk komat-kamit. Barusan saja ketika saya pulang, taksi yang saya tumpangi habis digebuk2 mereka. Yah.. salah sopir taksi saya juga siy karena menyetir kurang sabaran sampe akhirnya nyenggol angkot mereka. Tapi ya, mengingat kondisi mereka yang menaiki angkot sampe overload, mereka juga gak bener. Pertama, saking overloadnya jalan angkot jadi lama, sehingga menimbulkan kemacetan. Kedua, saking overloadnya juga, bukan tidak mungkin penumpang2 itu malah mengganggu pak supir yang sedang mengendarai kuda angkot. Ketiga, kalo ada masalah mbok ya gak usah gebuk2 gitu, tidak selamanya yang banyak itu benar loh..
Itu baru satu kejadian ya. Ada lagi hal yang lebih bodoh. Kira-kira beberapa hari yang lalu, giliran mobil2 bergambar Bambang Pamungkas yang kena. Mobil perusahaan yang didesain untuk mendukung promosi perusahaan ini kebetulan melintas ketika bubaran tanding bola dari Jalak Harupat. Habislah mobil2 ini kena senggol, kena timpuk batu, dan kena gebuk para Bobotoh, hanya karena ada muka BePe di kaca belakang mobil mereka. Aksi ini tidak lupa pula dilengkapi dengan ancaman2 berantem buat si supir mobil. Mungkin ini yang namanya benci buta ya..
Apakah ini yang disebut kebebasan berekspresi??
Dipikirnya gaya abis kali ya bikin rusuh di jalanan?!?!
Maaf ya, terakhir kali saya cek, jalanan masih merupakan fasilitas umum yang disediakan negara. Jadi boleh dong saya menuntut kalian untuk berkendara dengan baik serta sopan di jalan, demi keselamatan saya juga.

0 Comments:

 

Fioritura Fiori Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template