January 26, 2009

Sangkar Emas

Ini bukan sangkar emas!! Aku tidak pernah berniat mengunci mu dalam sebuah sangkar emas. Pintu itu memang tidak terbuka lebar, namun tidak juga tertutup rapat. Aku hanya menyediakan semangkuk biji2an, semangkuk air putih segar, dan sebuah ranting pohon agar kamu bisa bermain dan bertengger. Kamu datang dengan sendirinya, mengamati biji2an yang telah disediakan. Aku tidak pernah menyediakannya khusus untuk mu, tapi memang hanya kamu yang berani membuka pintu itu untuk masuk ke dalam sangkar. Mencoba2, bermain2, dan terlihat dari kilatan mata mu, tampaknya kamu menemukan rumah dalam sangkar ini.
Tapi ternyata ini bukan rumah. Karena mungkin rumah mu memang di alam bebas sana. Atau mungkin rumah mu ada di sangkar2 lain yang aku tidak tahu di mana. Aku masih menyediakan semangkuk biji2an, semangkuk air putih segar, dan sebuah ranting pohon. Tapi yang kamu butuhkan adalah terpaan angin di bawah kepakan sayap, bernyanyi riang bersahut2an, semua yang tidak bisa aku sediakan dalam sangkar ku. Aku tetap menyediakan semangkuk biji2an, semangkuk air putih segar, dan sebuah ranting pohon. Tapi kamu selalu menatap buah2an dibalik jeruji, cipak air di kolam ikan, dan dahan pohon tak bertuan itu.
Aku hanya ingin kamu mengingat, bahwa aku tidak pernah menawarkan sangkar emas, dan aku pun tidak pernah berniat mengunci mu dalam sebuah sangkar emas. Terbanglah jika kau memang ingin terbang. Sungguh hidup ini terlalu singkat untuk dihabiskan dalam sebuah sangkar yang tidak terasa seperti rumah. Tapi aku tidak akan membuatnya menjadi begitu mudah bagimu. Pintu itu memang tidak terbuka lebar, namun tidak juga tertutup rapat. Aku tidak pernah mengunci ganda pintu itu. Jika kau ingin pergi, buka saja pintunya, and you will be free. Aku tidak pernah memaksamu, oleh karena itu aku juga tidak akan menghalangimu,,

-21012009-

p.s. When you’re thinking about how your lives evolve, it’s all about the leaps you’ve taken. And when you’re talking about how quantum your leap is going to be, it all goes down to how big your courage is.
 

Fioritura Fiori Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template