August 25, 2008

Totto-chan si gadis cilik di jendela

Baru aja menyelesaikan buku tentang Totto-chan dalam waktu yang cukup kilat. well..gak cepet2 amat siy, tapi lumayan cepet lah dibandingin baca buku wajib kuliah gue. huehehehe..XD
Udah penasaran sama buku ini dari jaman baheula. Kata orang-orang bagus ceritanya. Dan setelah baca buku ini..gimana ya..it's such a cute story. dilihat dari sudut pandang anak-anak yang masih polos. Kadang-kadang terharu baca ceritanya dan kadang-kadang tertawa. gak seperti novel pada biasanya. yang ceritanya diawali dengan introduction, permunculan permasalahan, klimaks, dan penyelesaian masalah, sampe akhirnya happy ending atau bahkan sad ending. buku Totto-chan ini lebih mirip kisah-kisah pendek Totto-chan selama bersekolah di Tomoe Gakuen, trus cerita2 itu dikumpulin jadi satu buku. walaupun begitu penyusunan cerita nya berdasarkan alur waktu.
Jadi si Totti-chan ini cuma murid kelas 1 SD yang di-DO dari sekolahnya yang pertama karena dia selalu membuat keributan. Sebetulnya apa yang dia lakukan biasa untuk ukuran anak kecil yang tertarik sama sesuatu dan jadi excited sama sesuatu itu. Tapi untuk ukuran sekolah2 konservatif (seperti kebanyakan sekolah yang ada di dunia ini), perilaku si Totto-chan ini emang mengganggu proses belajar mengajar. Sampe akhirnya di-DO-lah dia dari sekolahnya dan akhirnya dia belajar di sekolah yang namanya Tomoe Gakuen. Sekolah unik yang kelas-kelasnya merupakan gerbong2 kereta, sistem pengajaran yang membiarkan murid untuk melakukan urutan pelajaran sesuai keinginan masing-masing, dan konsep pendidikan yang membiarkan anak-anak untuk tumbuh secara alami.
Yang paling menarik adalah ketika anak-anak itu tau cara menghargai orang lain. inget gak siy dari SD sampe SMA kita selalu belajar yang namanya toleransi pas pelajaran PPKN. sampe berbusa2 kayanya mulut guru2 PPKN itu mengajarkan kita bagaimana menghargai orang lain. tapi pada prakteknya tetep aja nyerobot antrian, buang sampah sembarangan, bawa-bawa SARA dan people with special needs, intinya menyimpang dari nilai-nilai yang sudah diajarkan.
seriously..if only there's a school like Tomoe Gakuen. gue rasa kita akan belajar untuk selalu menerima perbedaan orang. baik secara fisik maupun prinsip..


Originally posted on July 13, 2008


0 Comments:

 

Fioritura Fiori Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template