August 24, 2008

Akhirnya gue liat Bali

Setelah berjuang bertahun2 supaya bisa diajak liburan ke Bali. akhirnya... kesampean juga. menurut gue ngliat Bali seperti 'gak ngliat Indonesia yang gue tau. mungkin mereka berkulit sama, tinggi 'gak beda2 jauh, bahasa juga 'gak beda2 amat. tapi yang pasti kebudayaan di bali beda banget sama apa yang mata gue sering liat.

tujuan pertama gue begitu nginjek bali adalah Garuda Wisnu Kencana. patung yang harusnya jadi kebanggaan kita kalo udah jadi. Denger2 kata orang yang nganter gue, kalo udah jadi patung ini bisa lebih gede dari patung liberty. dan yang pasti detailnya lebih oke lah. gak cuma bawa obor sama buku bertuliskan liberty. semua yang ada di situ well plan banget. apalagi kalo liat maketnya. jalan masuk buat ngeliat patung dibuat efek megah dengan dinding2 potongan gunung. terus amphitheatre yang guedhe, wah kalo ada pentas di situ pasti keren banget. terus kenapa proyeknya mandek..dek..sampe situ doang, maklum masalah dana. jalan tol BSD-bintaro-pondokpinang aja baru kelar setelah gue lulus SMA (padahal udah diudek2 dari jaman g SD), apalagi proyek kaya' gini...

tujuan selanjutnya pura uluwatu. yang sebetulnya bisa menjadi perjalanan menyenangkan kalo 'gak tegang gitu. maklum gue sekeluarga berkacamata minus. waktu itu gerimis-gerimis. dan orang2 bilang monyet di situ nakal banget. suka ngambil kacamata. wah....dan berhubung puranya ada di ujung tebing, daripada kita gelinding gara2 gak bisa liat jalan. ya cukup deh ngeliat dari pinggir-pinggirnya doang.

ke bali makin 'gak komplit kalo gak foto pake baju bali. jadi gue bareng nyokap (yang latah) pun berfoto ala putri2 kerajaan bali. baju yang gue pake namanya bidadari (duh jadi 'gak enak, mirip ya...mirip ya...) sedangkan nyokap baju putri. berhubung udah sore yasuwh kita keliling2 denpasar. ke museum bali gitu, sama jalan2 di sanur. btw gue juga ke nusa dua ke tempat hotel2 berbintang lima itu. kalo diliat2 kok kaya ada kesenjangan sosial ya sama daerah sekitarnya.

Mayang mungkin pecinta kesenian. gue sampe nonton dua tarian bali paginya tari barong, malemnya tari kecak. yang sumpah keren abis. apalagi tari kecak yang gue tonton ada maen apinya. jadi terngiang-ngiang lagu yang dinyanyiin pengecak pas ngajak kuda lumping buat masuk ke api. tapi yang paling gue cinta dari tari kecak ya ampyun yang nari jadi kijang lucu banget. iiih pengen gue tangkep terus gue bawa pulang. kalo ngeliat tu kijang kerasa banget gimana sitha pengen punya kijang emas. dan gue baru tau kalo ternyata barong itu adalah lambang kebaikan. tadinya gue kira lambang kejahatan karena tampangnya nyeremin. ternyata gue sering ketuker antara muka barong dan muka leak.

kintamani punya pemandangan ekstra oke. dan berhubung punya bokap yang ahli geologi dan punya kemampuan geografi baik ('gak kaya' gue suka disorientasi ruang) dia nunjukin itu daerah ini...ini daerah itu...ke gue. mungkin pemandangan kintamani bisa lebih bagus lagi kalo gue pergi gak di musim2 ujan kaya' gini. kabut neek...

tapi untungnya lagi pas gue kesana itu pas ada perayaan2 tertentu, contohnya bulan tilem (maksudnya upacara 'gak ada bulan), terus ada juga tumpak wayang. jadinya pas gue ke pemandian tampak siring, banyak orang lagi melakukan ritual2 pemandian. katanya buat membersihkan gitu deh. jadi pengen ikut nyemplung.

maen ke alas kedaton sebetulnya lebih karena tertarik sama monyetnya. gimana 'gak monyetnya pinter, 'gak nakal kaya di uluwatu. tapi mungkin karena berkurangnya wisatawan monyet2 jadi makin ganas gara2 kelaperan. baru ngeliat turis lagi beli kacang di kios, langsung dideketin terus dinaikkin pundaknya. mungkin mereka kelaperan, tapi menurut gue mereka juga pinter menarik perhatian biar dikasih makan.

ke bedugul mirip kaya' ke luar negeri di musim dingin. kabutnya tebell banget sampe2 jarak 2 meter kedepan pun terlihat sriwing2. tapi lama2 agak cerah juga dikit. liat foto disamping? mirip kaya' di film pendekar2 cina kan. haha efek penyanyi dangdut. di sini gue foto sama musang. a...lucunya gendut kaya' megang bayi tapi berbulu. (FYI gue lebih suka megang musang daripada megang bayi, bisa dielus) biar 'gak bau sama abangnya tu musang di kasih parfum hehe

pura paling oke itu besakih. berdasarkan info2 yang gue dapet, bagi umat hindu sembahyang ke besakih itu merupakan suatu pilgrimage. kaya' orang islam naek haji setaun sekali. dan didasarkan momen yang tepat, gue dateng kesana emang pas lagi rame2nya. ada pemangku (imam) dengan baju putih2nya. di besakih itu puranya banyak banget, ada pura utama di mana setiap orang bisa sembahyang di situ, nah setelah ke pura utama mereka terus ke pura 'aliran' mereka masing2 istilahnya begitu.

ritual keluarga gue tiap malem adalah jalan2 sepanjang toko2 di kuta. maklumlah namanya juga ke luar kota 'gak lengkap kalo 'gak berburu oleh2 dan titipan. lama2 jarak jalan kita2 makin jauh sampe ke legian. nah di legian ini gue ngeliat prasasti bom bali. sebetulnya gue 'gak ngerti apa maksud di balik bom bali apa cuma politik, atau bener2 dendam salah sasaran. tapi apapun alasannya, bombing is a true crime. dan yang pasti imbasnya besar dan berkepanjangan. btw menurut gue bom bali 2 lebih parah lagi, karena ibarat orang sekarat yang akhirnya punya harapan hidup tapi malah disepak lagi, jadinya ya pet...



Originally posted on February 4, 2006


0 Comments:

 

Fioritura Fiori Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template